Cartilage Defect - Nyeri lutut

Nyeri lutut akibat kartilago terbuka (tulang rawan pembungkus sendi lutut)


31 January 2019
By Admin

Cartilage Defect

Nyeri pada lutut bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah terbukanya kartilago (tulang rawan pembungkus sendi lutut) dalam bahasa medisnya disebut Cartilage Defect. Lokasinya juga bervariasi, tergantung letak defeknya, bisa di sisi luar, dalam dan depan pada daerah lutut.

Data menunjukkan lesi tersering yaitu pada daerah tulang rawan di sisi tulang paha, terkhusus daerah yang sering dipakai untuk menumpu sewaktu berdiri (weight bearing femoral condyle), dengan presentase angka kejadian 43 – 58%. Dan disusul pada area kartilago tulang tempurung lutut (patellar), sebesar 11-36%, lalu disusul pada daerah trochlea (tempat dudukan tempurung lutut) sebesar 6-16%.


Cartilage Defect bisa menyerang lutut yakni trauma (sering biasanya disertai cidera pada meniscus dan ligamen lain) atau karena proses degeneratif (penuaan). 


Nah untuk lebih meyakinkan, perlu diadakan diagnosa seperti, pemeriksaan fisik, pemeriksaan radiologi (Xray maupun MRI), dan arthroskopi.

Lalu, bagaimana dengan cara penanganan Cartilage Defect?

1. Debridement (pembersihan sendi lutut dari fibrosis/ jaringan parut dan peradangannya).

2. Marrow stimulation (dengan cara membuat lubang-lubang pada defek, dengan harapan keluarnya sumsum tulang dan merangsang perdarahan sehingga terbentuknya fibrocartilage).

3. Osteochondral autograft implantation (implantasi tulang beserta tulang rawan lutut dari sisi yang lain ke tempat yang sakit pada pasien yang sama).

4. ACI/ MACI (Autologus Chondrocyte Implantation/ Matrix assisted ACI, dimana tulang rawan diambil dan dibiakkan sel-selnya untuk kemudian di implantasikan kembali dengan produk-produk tissue engineering yang sekarang berkembang, serta dikembangkan juga Allograft (tulang rawan orang lain).

Tenang saja, Tentunya tindakan-tindakan tersebut juga harus disertai program rehabilitasi medis yang bertujuan untuk mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan paska operasi.

Sudah lebih jelaskan mengenai cartilage defect / defek kartilago?