Menangani cedera lutut dengan tepat

mengetahui cara menangani nyeri yang dirasakan saat gerakan squat, lunges dan naik turun tangga dan lainnya.


19 February 2019
By Admin

Healthies tahukah kamu. Berlari memang aktivitas yang mudah selain bersepeda. Selain itu juga, berlari merupakan olahraga yang terjangkau dari sisi biayanya. Namun, Sebagai penggemar olahraga lari sering kali merasakan nyeri atau rasa tidak nyaman di sekitar sisi depan lutut.

Bahkan nyeri tersebut berlangsung lama dan membatasi gerakan berlari anda. Nyeri lutut tersebut sering disebut dengan Patellofemoral Pain Syndrome (PTPS), yaitu kumpulan gejala nyeri yang berada sisi depan lutut.


Nyeri pada PTPS ini dirasakan saat gerakan squat, lunges dan naik turun tangga. Saat berlari akan ditemukan rasa pegal berlebih pada ototquadriceps sisi lutut yang mengalami nyeri.


PTPS ini ditemukan karena adanya letak tulang patella sendi lutut bergeser dari letak normalnya. Sehingga sering ditemukan nyeri di tendon patella. serta di sisi samping luar dan dalam patella.

Adapun penanganan tepat yang dapat anda lakukan sendiri adalah sebagai berikut :

1. Gunakan es batu untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak.

2. Gunakan Open Patella Knee Support untuk menstabilkan patella dan menghindari gesekan pada tulang patella terhadap tulang femur.

3. Gunakan sepatu dengan insole yang memiliki bentuk lekukan (areus) yang tinggi pada sisi dalam kaki untuk mengkoreksi postur sendi lutut.

4. Berikan pijatan pada tendon otot Illiotibial Band dengan menggunakan bola atau foam roller untuk menurunkan ketegangan otot tersebut.

5. Lakukan penguatan otot pantat (gluteus) dan side bridge untuk menstabilkan sendi panggul.

Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter atau bisa mencari dokter subspesialis di website ihks ini untuk mendapatkan penanganan agar dapat berlari tanpa nyeri dan dengan stabilitas serta kekuatan otot yang lebih baik dari sebelumnya. Tentu saja, anda akan mendapatkan evaluasi untuk mengukur kemampuan anda secara objektif.