Olahraga Tepat Sekaligus aman untuk penderita cedera lutut

beberapa jenis olahraga yang bisa membantu mengurangi resiko cedera lutut semakin parah, bahkan dapat mengurangi gangguan nyeri pada lutut yang cedera.


03 March 2019
By Admin

Cedera di bagian lutut tentunya tidak menyenangkan. Kondisi yang disebabkan oleh tekanan berlebih pada ligamen yang memicu perenggangan jarak antar tulang ini akan membuat penderitanya kesulitan berjalan normal.

Kerap kali rasa sakit disertai rasa ngilu terasa di bagian tersebut. Banyak dari mereka yang menderita cedera lutut memutuskan untuk tidak banyak bergerak lantaran khawatir kondisinya akan semakin buruk.


Cedera lutut tidak boleh dianggap sebagai hal yang membatasi gerak seseorang. 


Dengan kondisi tersebut, penderita seharusnya tetap aktif berolahraga atau melakukan gerakan olahraga tertentu agar rasa nyeri dan tidak nyaman tidak berkepanjangan.

Memang sangat disarankan untuk penderita cedera lutut menghindari olahraga yang melibatkan gerakan-gerakan berat yang bisa membebani bagian lutut.

Masih banyak jenis olahraga dan latihan gerakan fisik lain yang tergolong aman dan justru bisa membantu memulihkan lutut yang cedera. berikut ini jenis-jenis olahraga yang aman bagi kamu yang mengalami cedera lutut.

Berenang

bagi penderita cedera lutut, berenang dapat dijadikan olahraga rutinmu. selain itu, berenang dapat menyehatkan jantung dan paru-paru.

Yoga.

Yoga dapat meningkatkan kosentrasi dan ketenangan dalam pikiran. yoga dapat melatih fisik secara mental dan konsentrasi. bagi kamu yang punya cedera lutut, yoga bisa jadi olahraga alternatif.

Pilates.

Pilates adalah versi modern dari yoga. gerakan pilates melibatkan teknik pernapasan yang teratur, latihan keseimbangan dan postur tubuh, pemusatan konsentrasi, hingga latihan mengontrol gerakan dan kekuatan otot.