Recovery Pasca Operasi Ganti Sendi Panggul


14 August 2018
By Admin

Setelah ganti sendi panggul
Pasca Ganti sendi panggul, diperlukan tahapan latihan dan pengobatan agar pasien dapat pulih kembali. Ada beberapa aktivitas yang perlu diperhatikan agar panggul anda berfungsi secara optimal dan aman. Hal ini meliputi saat dirumah sakit, ataupun setelah pasien pulang lalu kontrol ke dokter.

Saat Dirumah Sakit
Setelah dilakukan operasi, pasien biasanya akan dirawat selama beberapa hari. Setiap kondisi pasien yang berbeda akan membuat regimen latihan ataupun obat yang diberikan dokter juga beragam. Latihan berfungsi menjaga mobilitas pasien dan mengembalikan gerak pasien sesuai target yang ditentukan oleh dokter.

Latihan saat dirumah sakit
Hal yang patut diperhatikan. Lakukan gerakan sesuai instruksi dari dokter anda. Di awal pasca operasi ganti sendi panggul, dokter akan memberi tahu Batasan gerakan yang dapat dilakukan, tergantung dari jenis operasi, posisi operasi ataupun kondisi pasien itu sendiri. 
Penting untuk tidak mengikuti kata orang ataupun berinisiatif terlalu dini. Tanyakan pada dokter anda.

Pulang dari rumah sakit
Pasien dapat pulang dari rumah sakit tergantung dari kondisi pemulihannya. Secara umum, pasien dan keluarga diharapkan dapat mencapai beberapa target:
Berdiri dari tempat tidur
Berjalan dengan walker
Mengerti dan paham posisi apa yang boleh dan tidak boleh
Mengerti obat yang harus diminum

Gerakan yang tidak boleh dilakukan.
Setiap pasien berbeda dalam pantangan gerakan  dengan metode operasi dan kondisi yang berbeda.
Dokter dapat  melarang gerakan sebagai berikut, hingga instruksi selanjutnya: 
Tidak jongkok  atau Tidak bersila
Tidak duduk di sofa yang terlalu empuk
Tidak naik angkot
Tidak menunduk mengambil benda di lantai
Tidak berolahraga dulu (lari, jalan cepat, sepeda, dll) 


Dapat mengatasi nyeri
Pada kondisi tertentu pasien tidak mencapai hal tersebut, maka memerlukan pertolongan lebih lanjut seperti unit rehabilitasi medik atau pendampingan dari paramedic. Bertanyalah pada dokter anda tentang tahapan pengobatan pasca operasi.

Pemulihan di rumah
Pasien akan memerlukan bantuan dirumah untuk kebutuhan dasarnya selama beberapa minggu tergantung kecepatan pemulihan, kondisi umum ataupun juga kondisi keluarga.  Support dan motivasi dari keluarga sangat membantu kecepatan proses pemulihan pasien.
Mengkondisikan rumah yang aman dan nyaman
Beberapa hal dirumah dapat disesuaikan yang membantu pasien lebih cepat memulihkan diri,  terutama untuk mencegah jatuh. Antara lain:
Pegangan di kamar mandi dan tangga
WC dengan tempat duduk dan pegangan
Tempat duduk dengan posisi tegak seperti kursi di meja makan
Walker untuk membantu berjalan
Menyingkirkan karpet yang licin
Mengkontrol mainan anak anak yang berserakan
Penerangan yang cukup
Dan hal lainnya konsultasikan dengan dokter anda


Kebersihan Luka
Selama pemulihan, luka perlu dijaga untuk menunjang kesembuhan dan mencegah infeksi
Luka harus terjaga tetap kering, bila basah maka perlu diganti. Minta bantuan tenaga medis terdekat atau tanyakan instruksi untuk merawat luka bila diperlukan
Tanyakan apakah sudah boleh mandi, atau apakah luka sudah boleh basah
Tanyakan apakah benang perlu dilepas atau tidak
Rutin kontrol ke rumah sakit sesuai petunjuk dokter

Obat obatan
Ikuti saran obat obatan yang diberikan dokter. Obat yang diberikan dapat berupa antinyeri, antiradang, antibiotik ataupun obat lainnya sesuai kondisi anda seperti obat anti nyeri lambung, obat pengencer darah. Diskusikan dengan dokter anda bila anda memiliki gigi berlubang ataupun menjalani prosedur dari dokter gigi.

Gizi
Pemulihan memerlukan gizi yang baik. Jangan melakukan pantangan kepada diet anda sendiri. Kadang keluarga ataupun tetangga memberikan masukan melarang makan ayam dan telur. Tanyakan kepada dokter mengenai anjuran makan yang dilarang ataupun tidak. 
Minum air yang cukup, dan tidak mengkonsumi alcohol, tidak merokok

Posisi saat tidur
Tergantung pada jenis operasi dan kondisi setiap pasien, dokter dapat menganjurkan anda untuk tidur seperti biasa atau perlu diganjal bantal diantara dua kaki atau tidak dapat bersila terlebih dahulu.

Kapan saya boleh berjalan
Saat anda sudah dilatih berjalan, maka anda diharapkan tetap aktif berjalan. Dokter akan memberi panduan kepada anda kapan anda berjalan dengan bantuan walker, tongkat, atau melepas tongkat.
Penting untuk mengingat filosofi keseimbangan dalam mulai bergerak: tidak terlalu agresif, namun juga tidak enggan bergerak.

Aktivitas seksual
Tanyakan langsung kepada dokter anda apakah sudah dapat memulai aktivitas seksual, dan posisi berhubungan badan yang aman,sehingga mencegah terjadinya patah ataupun dislokasi.

Berolahraga
Hal ini sangat umum ditanyakan pasien yang masih aktif ataupun berusia muda. Namun perlu dipahami, semakin tinggi intensitas olahraga yang dijalani, maka usia prosthetic panggul yang terpasang akan semakin cepat. Secara umum olahraga yang dianjurkan adalah yang bersifat “low impact”,seperti berjalan kaki.
Tanyakan kepada dokter anda, kapan waktunya anda dapat berolahraga kembali, dan jenis olahraga apa yang dianjurkan.



Referensi:
AAOS
Standford