KNEE

Cidera ligamen PCL

Robekan ligamen ada yang perlu dioperasi dan tidak..


05 February 2019
By Admin

 Overview

Ligamen PCL memiliki nama yang mirip dengan ligamen ACL. PCL adalah singkatan dari posterior cruciate ligament. Sebuah struktur ligamen yang menyilang di dalam lutut. Fungsi ligamen PCL, dan pola cideranya berbeda dengan ligamen ACL. Walaupun, ligamen itu dapat mengalami kerusakan bersamaan dalam sebuah cidera yang hebat.


Anatomi PCL

PCL terletak dibelakang ACL pada bagian tengah lutut, menyilang dari sisi medial tulang femur ke arah belakang tulang tibia. Sesuai dengan namanya,cruciate: yang artinya menyilang. Fungsi utama dari ligamen PCL adalah menjaga kestabilan lutut dari gaya yang mendorong tulang tibia ke arah belakang. PCL juga menjaga tulang tibia dari ketidakstabilan rotasi.


Next
Prev

Cidera PCL

PCL merupakan struktur ligamen yang cukup kuat. Cidera PCL termasu jarang terjadi di bandingkan cidera ACL. Bentuk cidera yang dapat membuat terjadinya ruptur ligamen PCL adalah benturan langsung yang mendorong tulang tibia, seperti pada kecelakaan saat bekendara mobil.

Dimana lutut terbentur dashboard. Cidera lain yang mungkin adalah kesalahan saat mendarat dimana posisi lutut lurus berlebihan menjadi hiperekstensi.

Cidera yang berat melibatkan banyak kerusakan dilutut juga beresiko terdapat cidera PCL.

Next
Prev

Pemeriksaan

Dokter orthopaedi akan memeriksa anda secara komprehensif dari pemeriksaan fisik, ronsen dan MRI. Ronsen dan MRi dapat membantu menegakkan diagnosis dan menemukan kondisi lain yang dapat terjadi disendi seperti cidera ligamen yang lain.

Next
Prev

Apakah cidera PCL perlu dioperasi?

Berbeda dengan ACL, kadang robekan PCL dapat terjadi tanpa gejala yang jelas. Robekan PCL dapat terjadi secara parsial dan komplit. Pada cidera PCL yang masih ringan, PCL diketahui masih dapat sembuh selama diproteksi. Operasi PCL dapat dilakukan pada cidera PCL dengan gejala yang jelas, nyeri ataupun disertai cidera ligamen yang lainMasuk ke bagian pembahasan operasi PCL dari link dibawah ini