KNEE

Ganti Sendi Lutut

Ganti Sendi Lutut


25 July 2018
By Admin


Ganti sendi lutut adalah prosedur untuk mengganti sendi lutut yang rusak akibat proses degeneratif atau osteoarthritis, dengan sendi buatan. Tindakan ini dapat menjadi pilihan terakhir  disaat terapi atau pengobatan yang lain tidak berhasil untuk mengatasi nyeri lutut dan perubahan bentuk lutut yang ada.

Tindakan ini dilakukan di banyak belahan dunia dan Indonesia sudah melakukannya lebih dari dekade yang lalu.

Next
Prev

Kondisi Penyakit yang diobati dengan Ganti Sendi Lutut



Hal yang paling umum dilakukan tindakan ganti sendi lutut adalah Osteoarthritis, sebuah kondisi lutut yang yang sering terjadi pada paruh baya dan orang tua.

Kondisi lain seperti Rheumatoid arthritis, ataupun cidera lutut, robekan tulang rawan yang berdampak kronis mengakibatkan kerusakan sendi lutut tersebut. 

Keputusan untuk mengganti sendi perlu dibicarakan dengan dokter. Operasi ganti sendi adalah pilihan setelah pengobatan nyeri lutut sudah dilakukan seperti Alat bantu dan obat obatan.


Next
Prev

Persiapan Prosedur Ganti Sendi Lutut


Hal hal yang dilakukan dalam persiapan prosedur ganti sendi lutut

Kunjungan ke dokter

Dokter akan memeriksa lebih detail dan berdiskusi dengan pasien mengenai kondisi lututnya, Keputusan akan diambil apakah kondisi lutut pasien memerlukan operasi ganti sendi

Kondisi dan Pengobatan

Diskusikan pada dokter kondisi kesehatan anda sekarang dan obat obatan yang sedang diminum. Ada beberapa obat yang perlu dihentikan atau diminum sebelum operasi ganti sendi lutut

Aktivitas

Diskusikan kepada dokter aktifitas yang boleh dilakukan sebelum dan sesudah operasi ganti sendi lutut. Sejauh mana anda dapat melakukan olahraga, dan kegiatan khusus yang suseuia kondisi di rumah

Rehabilitasi

Diskusikan kepada dokter anda mengenai program latihan khusus setelah operasi ganti sendi lutut. Tindakan operasi ganti sendi  dapat dioptimalkan dengan latihan yang sesuai dengan kondisi pasien masing masing


Next
Prev

Resiko dan komplikasi operasi ganti sendi


Operasi ganti sendi merupakan operasi dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, walaupun begitu, beberapa komplikasi dapat terjadi seperti:

  • Infeksi luka dan sendi
  • Cidera saraf dan pembuluh darah
  • DVT
  • Malfungsi prosthesis sendi. 

Setelah operasi , selain sendi alami yang dapat mengalami proses kerusakan,cidera ataupun lepas, Maka prosthesis sendi juga dapat mengalamii “aus” “wear and tear”, dislokasi, patah ataupun longgar.

Referensi

Standford Health Edu
AAOS