KNEE

Osteoarthritis Lutut


14 May 2018
By Adi Surya Rinartha


Osteoarthritis adalah kondisi kronis pada sendi, dimanaterjadi disintegrasi struktur pada tulang rawan sendi menjadi lebih lunak danrusak, disertai pertumbuhan tulang rawan baru yang tidak sempurna, dan taji(tulang) disekitar sendi (osteophyte). Kelainan ini juga disertai munculnyakista pada tulang, dan terjadi peradangan sendi juga kaku sendi.


Ostearthritis tidak diketahui penyebabnya secara pasti.Namun jelas terjadi perubahan pada komponen penyusun sendi  yang secara bertahap merusak sendi. Secarasingkat tahapannya dibagi menjadi berikut:


1.      Perubahan struktur sendi (degeneratif), tulangrawan melunak


2.      Erosi lebih lanjut


3.      Kerusakan total tulang rawan, sendi menjadilebih sempit.


Gejala osteoarthritis lutut

Pasien pada umumnya adalah wanita, walaupun pada kondisilain laki laki jug dapat mengalaminya. Sendi yang paling sering terkena adalahlutut. Pasien pada umumnya berusia tua, sulit untuk berjalan yang semakin beratdalam waktu yang lama.


Pemeriksaan osteoarthritis lutut

Tidak semua keluhan nyeri lutut pada usia tua adalahosteoarthritis, dokter akan memeriksa lebih lanjut dari riwayat penyakit yangdimiliki, riwayat cidera, riwayat operasi dan juga riwayat pengobatansebelumnya. Bila diperlukan dokter akan meminta pemerikaaan radiologis (x ray)pada lutut ataupun juga pinggul untuk melihat lebih detail kondisi tulang yangmemiliki gejala tersebut.

Pada umumnya, pada pemeriksaaan darah rutin,  hasil laboratorium pada osteoarthritis tidakmenunjukkan tanda tanda abnormalitas. Namun, dokter juga akan memeriksaLaboratorium sesuai kebutuhan. Pada kasus yang memerlukan Analisa lebih lanjut,dokter dapat melakukan pemeriksaan canggih seperti CT SCAN dan MRI, ataupunjuga mengambil sampel cairan dari sendi lutut.

Pada kondisi lainnya, seperti dicurigai cidera meniskus,benda asing, loose body meniscus  dokterdapat melakukan pemeriksaan meneropong kedalam sendi tersebut melalui metodeArthroskopi. Arthroskopi dapat menjadi modalitas menetukan diagnosis dan jugaterapi.


Pengobatan

Pengobatan terhadap osteoarthritis ditentukan oleh doktermelihat banyak faktor seperti:

·        Umur,

·        Kondisi kesehatan secara umum

·        Riwayat pengobatan

·        Harapan dari pasien tersebut

·        Preferensi pasien


Tujuan pengobatan dari osteoarthritis antara lain:

Mengurangi nyeri sendi dankekakuan, meningkatkan mobilitas sendi.

Metode pengobatan osteoarthritis dapat berupa:

Latihan/olahraga. Mengurangii beratbadan. Modifkasi gaya hidup. Mengatur makanan. Obat obatan yang diminum

                Injeksi sendi. Penggunaan Alatbantu. Operasi.


 Kapan diperlukan Operasi sendi pada Osteoarthritis

Operasi sendi pada osteoarthritis dilakukan sebagai pilihanterakhir. Dokter akan melakukan evaluasi setelah berbagai modalitas pengobatantanpa operasi. Pada umumnya pasien masih merasakan nyeri yang makin mengurangikualitas hidup untuk bergerak.

Beberapa jenis operasi yang dapat dilakukan padaosteoarthritis lutut

Osteotomi Tibia

Ganti Sendi Lutut

Referensi:

Apley

Stanford Health

 [NR1]Dijelaskanolahraga yang dilakukan. Modifikasi. Makanan. Obat apa aja..

Injeksi dimana

Next