HIP

Osteoarthritis Panggul


14 May 2018
By Admin


Definisi Osteoarthritis dapat di lihat di sini

Osteoarthritis adalah bentuk paling sering dari arthritis , yaitu sebuah kondisi kronis, degeneratif pada sendi yang dapat terjadi pada orang tua ataupun paruh baya. Pada osteoarthritis terjadi kerusakan sendi. Osteoarthritis dapat terjadi pada semua sendi. Namun paling sering terjadi pada lutut,pinggul, tulang belakang, dan sendi tangan.

 

Penyebab

Osteoarthritis tidak memiliki penyebab pasti yang dapat diketahui. Tetapi beberapa faktor dapat mempermudah terjadinya osteoarthritis pada pinggul.

·        Usia, semakin bertambah semakin besar resikonya

·        Riwayat cidera pada pinggul seperti jatuh, patah, walaupun sudah dilakukan operasi

·        Kegemukan

·        Kelainan panggul dan pinggul di masa kecil

Next
Prev

Gejala


Osteoarthritis pinggul dapat menyebabkan nyeri dan kekakuan. Dalam keseharian dapat mengganggu aktivitas seperti menunduk untuk memakai sepatu, berdiri dari kursi. Berjalan dalam jarak yang tidak terlalu jauh akan terasa sulit dan nyeri. Nyeri yang semakin memberat, Jalan yang pincang.

Nyeri terjadi secara bertahap dan semakin memburuk, walaupun nyeri tiba tiba pun dapat terjadi. Nyeri dapat terjadi semakin sering dan makin mengganggu aktivitas.

Next
Prev

Pemeriksaan


Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada pasien.  Bila dipelukan dokter akan memeriksa sendi yang lain serta pemeriksaan radiologis (ronsen) pinggul dan pungung. Pada keadaan tertent dokter juga dapat melakukan pemeriksaan ronsen lutut.

Laboratorium, CT SCAN dan MRI dapat dilakukan apabila dokter ingin memeriksa lebih detail kondisi pasien yang belum tegak permasahannya.

Next
Prev

Pengobatan


Hingga kini (2017) tidak ada pengobatan yang dapat mengembalikan kondisi osteoarthritis 100%. Namun, terdapat beberapa pilihan pengobatan yang dapat ditempuh untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan pergerakan/mobilitas.


Pengobatan Tanpa Operasi

Setiap kondisi osteoarthritis, pilihan pertama dalam pengobatan adalah pengobatan tanpa operasi. Dokter dapat merekomendasikan beberapa pilihan terapi:

·        Modifikasi aktivitas

·        Fisioterapi

·        Alat Bantu

·        Obat obatan oral (diminum).


Pengobatan dengan Operasi

Operasi dapat menjadi pilihan apabila terapi pengobatan diatas sudah dilakukan,namun pasien tetap merasa nyeri yang mengakibatkan disabilitas dalam kegiatan sehari harinya.


Pilihan Terapi:

·        Arthroskopi

·        Ganti Sendi Pinggul