KNEE

Rekonstruksi Ligamen ACL Lutut

ACL


25 July 2018
By Admin

Rekonstruksi ligament ACL adalah penggantian ataupun augmentasi ligamen ACL tersebut dengan jaringan disebut graft. Graft ligament tersebut dapat berasal dari tubuh sendiri, orang lain, ataupun sintetik.

Rekonstruksi ligament ACL saat ini dilakukan dengan menggunakan Artrhoskopi, prosedur minimal invasive (sayatan minimal) pada lutut.


Next
Prev

Kondisi yang diobati dengan Rekonstruksi ligamen ACL


Robekan pada ligamen ACL. Baik karena cidera olahrag seperti aktivitas Pivoting ataupun trauma.

Tidak semua pasien dengan robekan ligamen ACL memerlukan tindakan operasi. Beberapa pasien dengan kegiatan yang terbatas, tidak perlu dilakukan operasi ACL dan dapat beraktiftas, dengan resiko yang dipertimbangkan.

Keputusan untuk Operasi ligamen ACL perlu dibicarakan dengan dokter, dan disesuaikan dengan kondisi masing masing pasien.


Next
Prev

Persiapan Prosedur Rekonstruksi Ligamen ACL


Hal hal yang dilakukan dalam persiapan prosedur operasi rekonstruksi ligament ACL

Kunjungan ke dokter

Dokter akan memeriksa kesehatan secara umum, dan lutut yang cidera. Beberapa pemeriksaan mungkin dilakukan seperti ronsen, laboratorium. Pemeriksaan canggih dapat dibuat oleh dokter seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Kegiatan dan Pengobatan

Pasien berdiskusi kepada dokter kondisi kesehatan saat ini. Termasuk hal berikut:

Riwayat cidera lutut yang dialami
Kegiatan olahraga saat ini
Harapan aktivitas yang dilakukan

Begitupula dengan obat obatan yang sedang diminum. Tanyakan mengenai obat yang perlu dihentikan atau diminum sebelum operasi.

Aktivitas sebelum dan setelah prosedur rekonstruksi

Berdiskusi dengan dokter anda mengani aktivitas yang dapat dilakukan sebelum operasi rekonstruksi ligament ACL dan juga setelah operasi. 

Rehabilitasi

Rehabilitasi dilakukan untuk mengembalikan secara bertahap fungsi lutut seoptimal mungkin. Latihan dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi masing masing pasien.


Next
Prev

Resiko dan komplikasi operasi rekonstruksi ACL


Operasi rekonstruksi ligamen ACL diharapkan dapat mengambalikan pasien pada aktivitas olahraga. Setiap prosedur memiliki resiko dan komplikasi. Pada operasi ACL terdapat beberapa resiko. Kontrol rutin dan tanyakan kepada pada dokter anda untuk hasil yang terbaik, dan hal yang perlu dilakukan apabila terjadi komplikasi.

Bengkak, Perdarahan
Graft yang putus
Graft yang longgar
Infeksi
Osteoarthrtis
Sendi yang kaku

Referensi

Standford Health Edu
AAOS