KNEE

Robekan Bantalan Sendi Lutut (Meniscus)


14 May 2018
By Adi Surya Rinartha

Apa itu robekan bantalan sendi lutut


Lutut memiliki 2 bantalan didalamnya yang terletak diantara tulang paha dan tulang tibia (shin bone/tulang kering). Bantalan ini befungsi sebagai meredeam tekanan, mendistribusikan tekanan, dan sebagai salah satu yang menstabilkan lutut. Bantalan tersebut disebut meniscus.

Pada keadaan tertentu seperti cidera olahraga ataupun proses penuaan disertai cidera lutut meniscus dapat mengalami kerusakan berupa robekan. Robekan dapat terjadi minimal ataupun berat.

Next
Prev

Gejala


Pasien dapat merasakan nyeri yang hilang timbul, disertai aktivitas tertentu seperti naik ataupun turun tangga, jongkok, ataugerakan rotasi dan pivoting. Lutut dapat mengalami bengkak ataupun terasaberadu. Pada kondisi lebih lanjut dapat terjadi terkunci saat berjalan ataupunolahraga. Nyeri yang hebat dapat membuat pasien tidak dapat beraktivitas.Kondisi robekan meniscus ini dapat menyerupai kondisi penyakit yang lain.Disarankan untuk berobat ke dokter ahli untuk pemeriksaan

Next
Prev

Pemeriksaan


Dokter akan melakukan interview, pemeriksaan fisik. Dokter juga memerlukan pemeriksaan seperti X Ray dan pemeriksaan laboratorium. Bila diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, dokter akan melakukan pemeriksaan MRI.

Next
Prev

Pengobatan


Pengobatan terhadap robekan meniscus akan dilakukan dokter memperhatikan banyak fakto seperti, Usia, kondisi kesehatan secara umum, riwayat penyakit. Derajat keparahan dari robekan meniscus tersebut, Pengobatan yang sedang dijalani, Dan juga harapan dari pasien.

Pengobatan terhadap cidera meniscus dapat dimulai dari, Istirahat, obat obatan yang diminum, Olahraga, Fisioterapi. Alat bantu. Namun dalam kondisi dimana pengobatan tersebut tidak membantu, pilhan lainnya adalah Operasi.

Operasi pada meniscus terkini dilakukan dengan metode Arthroskopi (teropong sendi) dengan sayatan minimal. Prosedur Arthroskopi lutut ini bisa sebagai metode diagnosis (pemeriksaan langsung melihat ke dalam sendi), ataupun sebagai terapi.