KNEE

Robekan Ligamen ACL Dalam Sendi Lutut


14 May 2018
By Admin

Apa itu ligamen dalam sendi lutut


Dalam sendi lutut terdapat beberapa ligament. Anterior Cruciate Ligament (ACL) adalah salah satu komponen ligamen yang menjaga kestabilan lutut baik saat beraktivitas. Fungsi utamanya adalah:


·         menjaga stabilitas/pergerakan tulang paha dan tulang kering (tibia) agar tidak bergeser kedepan.
·         Menjaga stabilitas dari gerakan memutar pada lutut.


Apabila terjadi robekan ligament tersebut, maka fungsi normal lutut dalam aktivitas sehari hari menjadi berubah. Lutut dapat menjadi tidak stabil, dan tidak nyaman digunakan berolahraga. Dalam waktu yang lama, robekan ligament ACL ini dapat berdampak pada struktur anatomi yang lain, seperti bantalan sendi dan berakibat nyeri lutut.

Next
Prev

Penyebab.

Robekan ACL dapat terjadi karena cidera lutut diakibatkan gerakan memutar (pivoting) disaat tungki bawah menginjak permukaan. Hal ini sering terjadi pada cidera olahraga, seperti sepakbola, basket, lari. Walaupun dapat juga terjadi sebagai pengaruh dari cidera yang lain.


Gejala


Pasien atau atlit dapat merasakan gejala sebagai berikut ketika mereka sedang berolahraga: Tiba tiba Lutut yang berbunyi seperti  tali yang putus “POP”, Nyeri yang amat sangat, Bengkak.  Nyeri yang sangat ini menyebabkan pasien tidak dapat meneruskan aktivitas olahraganya.

Next
Prev

Pemeriksaan


Dokter akan memeriksa fisik, fungsi dari lutut. Dalam Kondisi terdapat bengkak yang dicurigai darah, dokter akan mengeluarkan cairan darah tersebut dari lutut. Pemeriksaan selanjutnya adalah ronsen untuk melihat kondisi tulang lebih detail. MRI juga dapat dilakukan untuk melihat kondisi ligamen dan struktur jaringan lunak didalam lutut yang lain.

Next
Prev

Pengobatan


Diawal cidera, Lutut akan nyeri dan bengkak. Maka Sebaiknya dilakukan tindakan sebagai berikut:

·         Istirahat, Berhenti dari kegiatan olahraga dan buat posisi tungkai menjadi rileks
·         ES, Berikan kompres es pada lutut. Dengan dilindungi kain ataupun kantong. Tujuannya adalah untuk meredam peradangan.
·         Naikkan, Saat berbaring naikkan posisi kaki diatas bantal Untuk mengurangi bengkak.
·         Obat Anti Nyeri, Pasien dapat meminum obat anti nyeri ataupun antiradang.
·         Alat Bantu. Gunakan alat bantu jalan untuk menopang berat badan ke lutut.


Hal yang tidak boleh dilakukan

Panas. Jangan memberikan kompres panas ataupun salep panas, jahe, atau rempah rempah.

Urut. Dalam kondisi nyeri dan bengkak jangan melakukan pemijatan keras yang dapat menambah cidera di lutut tersebut

Dibiarkan. Bila dibiarkan dan dilanjutkan untuk beraktivitas kembali, maka cidera akan bertabah dan mempengaruhi strukur yang lain.

Pengobatan Lanjut Cidera ACL

Pengobatan ACL dipengaruhi banyak faktor seperti Usia, Kegiatan, Harapan Pasien. Setelah melakukan pemeriksaan lengkap dokter akan menentukan apakah cidera yang dialami dapat diobati tanpa operasi atau dengan operasi.

Diskusi dengan dokter harus dilakukan agar pasien mengerti keputusan yang diambil dan langkah apa saja yang harus ditempuh sebelum atau setelah tindakan agar hasilnya optimal.